Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Compact
Disk (CD)
pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Partikel
Materi
di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang
Oleh Elsy Zuriyani
Deskripsi
Penelitian
pengembangan yang dikembangkan Ibu Elsy Zuriyani (Mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan Unsri) ini menghasilkan CD Pembelajaran IPA pokok
bahasan partikel materi. Proses pengembangan bahan ajar berbentuk CD
Pembelajaran melalui tahap-tahap analisis, desain dan evaluasi.
Kegiatan
analisis dimulai dengan mewawancarai guru mata pelajaran IPA dan beberapa siswa
kelas VII MTs.N 1 Palembang. Kemudian peneliti menganalisis kurikulurn IPA
MTs/SMP yang terdapat dalam Standar Isi.
Tahap
desain produk ini akan terbagi dalam dua tahapan, yaitu :
a. Paper Based
Pokok
bahasan partikel materi didesain atau dirancang diatas kertas, baik rancangan
berupa teks maupun gambar-gambar.
b. Computer Based
Desain
produk yang telah dibuat dalam paper based dituangkan dalam bentuk computer
based. Adapun program yang digunakan untuk desain produk computer based ini
adalah microsoft powerpoint dan macromedia flash. Produk yang
didesain dalam computer based ini dinamakan prototipe pertama.
Produk
yang telah didesain sebagai prototipe pertama yang dikembangkan divalidasi oleh
pakar kimia dan pendidikan kimia serta praktisi pendidikan (expert).
a. Expert dan One-to-one
b. Small Group
c. Field
Test
Setelah diperoleh prototipe
ketiga yang valid, praktis, dan mempunyai potensial efek terhadap hasil belajar, selanjutnya prototipe ketiga ini di uji cobakan di
lapangan.
Pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, tes, dan angket . Hasil observasi menunjukan bahwa aktivitas siswa
selama proses pembelajaran telah mencapai 94,02 % atau termasuk kriteria sangat baik.
Hasil tes siswa diperoleh nilai rata-rata mencapai 72,50 sudah melampaui
standar ketuntasan minimum 66,667 Sedangkan hasil angket menunjukan
bahwa penilaian rata-rata siswa terhadap CD Pembelajaran adalah 3,25 termasuk
kriteria Baik.
Kesimpulan dari penelitian ini
adalah (1) Melalui validasi dan evaluasi oleh para expert dan one-to-one,
serta small group maka dihasilkanlah CD Pembelajaran yang
dikategorikan valid dan praktis.; (2)
Dari hasil analisis hasil belajar pokok bahasan partikel materi diketahui bahwa
nilai rata-rata siswa telah mencapai 72,5 dengan kata lain sudah melampaui
kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 66,67. Dengan demikian dapat dikatakan
bahwa bahan ajar berbentuk CD Pembelajaran mempunyai potensial efek terhadap
hasil belajar siswa.
Produk
Media CD Pembelajaran dan Laporan Penelitian berupa Tesis dapat diperoleh pada :
1.
Ibu Elsy Zuriyani
2.
Program Studi Magister Teknologi Pendidikan
Universitas Sriwijaya Jl. Padang Selasas Bukit Besar Palembang
Perpustakaan Program Pasca Sarjana