Tuesday 9 December 2014

Bahan Ajar CD Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Partikel Materi



Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Compact Disk (CD)  
pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Partikel Materi
di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang

Oleh Elsy Zuriyani


Deskripsi

Penelitian pengembangan yang dikembangkan Ibu Elsy Zuriyani (Mahasiswa Magister Teknologi Pendidikan Unsri)  ini menghasilkan CD Pembelajaran IPA pokok bahasan partikel materi. Proses pengembangan bahan ajar berbentuk CD Pembelajaran melalui tahap-tahap analisis, desain dan evaluasi.
Kegiatan analisis dimulai dengan mewawancarai guru mata pelajaran IPA dan beberapa siswa kelas VII MTs.N 1 Palembang. Kemudian peneliti menganalisis kurikulurn IPA MTs/SMP yang terdapat dalam Standar Isi.
Tahap desain produk ini akan terbagi dalam dua tahapan, yaitu :
a.  Paper Based
Pokok bahasan partikel materi didesain atau dirancang diatas kertas, baik rancangan berupa teks maupun gambar-gambar.
b.  Computer Based
Desain produk yang telah dibuat dalam paper based dituangkan dalam bentuk computer based. Adapun program yang digunakan untuk desain produk computer based ini adalah microsoft powerpoint dan macromedia flash. Produk yang didesain dalam computer based ini dinamakan prototipe pertama.
Produk yang telah didesain sebagai prototipe pertama yang dikembangkan divalidasi oleh pakar kimia dan pendidikan kimia serta praktisi pendidikan (expert).
a.  Expert dan One-to-one
b. Small Group
c.   Field Test
Setelah diperoleh prototipe ketiga yang valid, praktis, dan mempunyai potensial efek terhadap hasil belajar, selanjutnya prototipe ketiga ini di uji cobakan di lapangan.

Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, dan angket . Hasil observasi menunjukan bahwa aktivitas siswa selama proses pembelajaran telah mencapai 94,02 % atau termasuk kriteria sangat baik. Hasil tes siswa diperoleh nilai rata-rata mencapai 72,50 sudah melampaui standar ketuntasan minimum 66,667 Sedangkan hasil angket menunjukan bahwa penilaian rata-rata siswa terhadap CD Pembelajaran adalah 3,25 termasuk kriteria Baik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Melalui validasi dan evaluasi oleh para expert dan one-to-one, serta small group maka dihasilkanlah CD Pembelajaran yang dikategorikan valid dan praktis.; (2) Dari hasil analisis hasil belajar pokok bahasan partikel materi diketahui bahwa nilai rata-rata siswa telah mencapai 72,5 dengan kata lain sudah melampaui kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 66,67. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa bahan ajar berbentuk CD Pembelajaran mempunyai potensial efek terhadap hasil belajar siswa.

Produk Media CD Pembelajaran dan Laporan Penelitian berupa Tesis dapat diperoleh pada :
1.      Ibu Elsy Zuriyani
2.      Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Universitas Sriwijaya Jl. Padang Selasas Bukit Besar Palembang

Perpustakaan Program Pasca Sarjana

Perlombaan Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Tingkat Nasional oleh Dirjen GTK Kemdikbud

Salah satu perlombaan guru tingkat nasional yang paling bergengsi bagi guru se Indonesia adalah Lomba Inobel. Perlombaan ini merupa...