Monday 16 October 2017

Perlombaan Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Tingkat Nasional oleh Dirjen GTK Kemdikbud


Salah satu perlombaan guru tingkat nasional yang paling bergengsi bagi guru se Indonesia adalah Lomba Inobel. Perlombaan ini merupakan kegiatan yang diadakan oleh Dirjen GTK Subdit Kesharlindung. Perlombaan inobel merupakan kegaiatan yang diadakan setiap tahun dengan hadiah (uang, laptop, jalan2 ke Luar Negeri) yang memberikan daya tarik tersendiri bagi guru-guru se Indonesia baik guru SD/MI, SMP/MTs ataupun SMA/MA. Adapun pelaksanaan perlombaan ini adalah sebagai berikut :
  1. Tahap pertama, Penyebaran Informasi
  2. Tahap kedua, pendaftaran dan pengiriman naskah secara online  yang rata-rata tiap tahun terdapat sekitar 1500 naskah yang masuk melalui web kesharlindung
  3.  Tahap Seleksi.. Dari naskah yang masuk diseleksi oleh panitia, kemudian dilakukan penilaian oleh dewan juru yang meliputi : penilaian karya, uji similirity dan uji sitasi. Uji similirity dan sitasi merupakan test plagiarism karya ilmiah. Similirity merupakan uji kesamaan karya ilmiah dengan karya imiah orang lain. Sedangkan sitasi merupakan uji kesesuaian antara kutipan dengan daftar pustaka.
    semakin kecil persentase tingkat kesamaan (indeks similirity) pada naskah, maka semakin kecil kemungkinan naskah tersebut terindikasi plagiarisme, begitupun sebaliknya jika presentase tingkat kesamaan pada naskah besar, makan semakin besar kemungkinan naskah tersebut terindikasi plagiarisme. Untuk uji sitasi, semakin tinggi indeks sitasinya maka semakin baik karya inovasi tersebut, dan semakin rendah indeks sitasinya maka kesesuaian isi dengan daftar pustaka semakin berkurang. Jadi Karya inovasi yang baik dan memiliki keaslian tinggi adalah karya  yang kecil indeks similiritynya dan besar indeks sitasinya.  Kategori indeks similirity adalah sebagai berikut :
    1.Ringan = <20 span="">
    2.Sedang = 20-40 %
    3.Berat = >40%
    1.Berhak menjadi juara 1,2 & 3 = <20%
    2.Hanya berhak menjadi juara 2 & 3 = 20-40%
    Tidak berhak menjadi juara = >40%
  4. Tahap Worshop. Bagi naskah yang lolos seleksi terpilih sekitar 240 naskah yang kemudian diberikan workshop tentang inobel.
  5. Tahap Final. Bagi peserta yang mengikuti worhshop, kemudian dilakukan seleksi lagi untuk menentukan 32 finalis dari 3 bidang (MIPA, IPSB,  dan Sorak). Pada Partai final lomba inobel  ini peserta wajib mempreentasikan karya inovasinya di depan juri dan peserta juga menyajikannya dalam bentuk display/poster. Demikian info tentang inobelnas. SEMOGA BERMANFAAT DAN MENGISNPIRASI. 

Perlombaan Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Tingkat Nasional oleh Dirjen GTK Kemdikbud

Salah satu perlombaan guru tingkat nasional yang paling bergengsi bagi guru se Indonesia adalah Lomba Inobel. Perlombaan ini merupa...