Wednesday 28 July 2010

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


ABSTRAK

Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) merupakan suatu tipe model pembelajaran kooperatif yang merupakan struktur sederhana dan terdiri atas empat tahap yang digunakan untuk mereview fakta-fakta dan informasi dasar yang berfungsi untuk mengatur interaksi siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan minat belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type Numbered Head Together pada mata pelajaran IPA fisika pokok bahasan getaran dan gelombang pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Sungai Lilin Musi Banyuasin.

Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Sungai Lilin yang merupakan Sekolah Standar Nasional (SSN). Subyek penelitian adalah kelas VIII-1 dengan jumlah siswa 21 orang, terdiri dari 10 orang laki-laki dan 26 orang perempuan, dengan tingkat rata-rata kemampuan tinggi.dari hasil penelitian diperoleh bahwa peningkatan pemahaman konsep IPA Fisika siswa dapat ditingkatkan yaitu jumlah siswa yang mencapai KKM dari pretest dan postest yang dilakukan penelitian. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM pada pretest 8,33 % (3 siswa) dan pada postest meningkat menjadi 63,89% (23 siswa). Pada siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM 41,67% (15siswa) pada prestest dan 80,56% (29 siswa) pada postest. Peningkatan minat belajar siswa diperoleh melalui hasil pengamatan observer dan hasil analisis angket yang dibagikan siswa sebelum dan setelah dilaksankan tindakan yang dilakukan setiap siklus. Peningkatan minat belajar siswa terlihat dari jumlah siswa yang aktif dalam pembelajaran yang diamati oleh observer yakni pada siklus I aktivitas siswa mencapai 92,05% dan pada siklsu II naik menjadi 96,59 %. Sedangkan melalui angket sebelum dilaksanakannya moel pembelajaran NHT hanya 6 siswa (16,67%) yang dinyatakan berminat pada mata pelajaran IPA Fisika. Setelah dilaksanakannya model pembelajaran NHT pada siklus I siswa yang berminat mencapai 31 siswa ( 86,11%) , siklus II naik menjadi 33 siswa ( 91,67%).

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasannya maka dari penelitian tindakan (action research) ini dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran NHT berbasis eksperimen pada pokok bahasan getaran dan gelombang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan minat belajar IPA Fisika siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Sungai Lilin.. Diharapkan jika diterapkan model pembelajaran NHT ini perlu adanya perencanaan yang matang, sistem kontrol yang baik oleh guru pada saat siswa melakukan pengamatan dan diskusi sehingga siswa benar-benar memanfaatkan waktu dan memahami materi dengan baik.

Kata Kunci : Model Pembelajaran kooperatif Tipe NHT,Pokok bahasan Getaran dan Gelombang.

Penulis dan Peneliti adalah Guru IPA Fisika SMPN 1 Sungai Lilin MUBA Sumsel

1 comment:

  1. Ass. Mano yang lainnyo kak??, ngapo cuma abstrakbe ni, selamat yo atas keberhasilan jd guru berprestasi tahun 2010...

    ReplyDelete

mohon komentar anda

Perlombaan Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Tingkat Nasional oleh Dirjen GTK Kemdikbud

Salah satu perlombaan guru tingkat nasional yang paling bergengsi bagi guru se Indonesia adalah Lomba Inobel. Perlombaan ini merupa...