Thursday 22 October 2009

15 KIAT SUKSES MENEMBUS TES SELEKSI CPNS


by Sunardi
Di Indonesia, profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) masih menjadi idola. Ini semua karena jiwa enterpreuner di Indonesia masih sangat minim sehingga warga negara dominan mencari pekerjaan ketimbang menciptakan lapangan kerja sendiri. Meskipun gaji PNS di Indonesia di nilai sangat kecil, tetapi PNS merupakan pekerjaan dambaan warga. Terbukti, peminat tes seleksi CPNS tiap tahunnya selalu meningkat sementara daya tampung sangat terbatas. Berbagai cara agar bisa lulus PNS selalu dilakukan bagi pelamar seleksi CPNS. Bahkan yang sangat memprihatinkan, ada oknum yang dapat membantu lolos CPNS dengan menyiapkan sejumlah uang bagi pelamar. bagi kita yang meyakini bahwa rezeki itu adalah urusan Allah, maka kita tidak perlu mencari orang yang mencoba menolong dengan memberikan sejumlah uang, karena menurut ajaran agama itu adalah suap (sesuatu yang diharamkan). Untuk itu kami menyarankan agar kita berusaha semaksimal mungkin agar kita lulus CPNS dengan cara yang baik. Berikut kami tampilkan Kiat Sukses menembus tes seleksi CPNS :
Kiat 1:
Berdoa kepada Allah SWT dengan cara mendekatkan diri kepada Allah dan berusaha untuk menjalankan segala perintahnya.
Kiat 2:
Mengerjakan sholat tahajud dan mohonlah kepada Allah dengan doa ” Ya Allah jika kehendakMu aku lulus menjadi PNS, jadikanlah aku seorang PNS yang jujur dan bersih dan tidak korupsi dan selalu giat beribadah dan bekerja. Ya Allah kabulkanlah permohonanku. Amin.
Kiat 3:
Sholat Hajat setiap hari minimal 2 rakaat. Selesai sholat diiringi dengan do'a hajat anda.
Kiat 4:
Sholat Dhuha setiap pagi, karena sholat dhuha bisa menghapus dosa kita sehari-hari.
Kiat 5:
Bernazar untuk berbuat baik jika anda lulus , misalnya gaji pertama anda atau rapel gaji anda disedekahkan sebagian untuk memberi makan anak yatim piatu di sekitar tempat tinggal anda. Memberi hadiah untuk kedua orang tua anda,Istri dan anak-anak anda. Atau anda bernazar untuk mengumrohkan kedua orang tua anda jika nantinya anda lulus CPNS.
Kiat 6:
Puasa Sunnat hari Senin dan hari Kamis. Ingat puasa bisa mempertajam mata hati anda.
Kiat 7:
Jangan coba-coba menyuap/menyogok. Karena yang menyuap dan menerima uang suap adalah sama saja. Jika anda lulus dengan cara ini bisa dipastikan gaji anda adalah haram dan tidak berkah untuk keluarga anda. Dan anda akan semakin jauh dari Allah SWT.dan akhirnya anda akan melakukan korupsi dan minta disuap jika sudah menjadi pejabat penting di kantor anda.
Yang sudah terlanjur segera bertobat. Pintu tobat masih terbuka selagi maut belum menjemput anda.
Kiat 8:
Lengkapi berkas-berkas anda selengkap-lengkapnya. Juga peralatan pada saat tes. Kekurang lengkapan alat dan berkas dapat memecah konsentrasi anda pada saat tes dan menjadi bahan pertimbangan panitia saat menentukan kelulusan.
Kiat 9:
Jangan khawatir dengan saingan yang menurut anda lebih pintar, karena kalau anda yakin kepada Allah yang memberi rezeki, jika memang sudah rezeki anda Insya Allah anda akan lulus.
Kiat 10:
Belajar menyelesaikan contoh-contoh soal ujian baik TPA, PSIKOTES, dll sebagai bahan latihan dan melatih ingatan anda kembali.
Kiat 11:
Miliki berbagai buku tentang tes CPNS, bahas, jika anda masih belum jelas tanyakan kepada orang yang menurut anda faham dengan soal tersebut.
Kiat 12 :
Selalu berbuat baik kepada siapa saja, hilangkan penyakit hati iri, dengki, benci, dendam, dll. Sehingga orang lain juga akan mendoakan anda lulus. Paling tidak mereka tidak mendoakan anda untuk tidak lulus.
Kiat 13 :
Dalam mengerjakan soal, kerjakan yang menurut anda mudah terlebih dahulu mengingat waktu peleksanaan tes sangat terbatas.
Kiat 14 :
Memohon kepada orang tua untuk membantu dengan sholat dan doa agar anda lulus tes CPNS karena keridhoan Allah terletak pada keridhoan Ortu anda. Demikian juga murka Allah terletak pada murka Ortu Anda. Hadis Rosulullah" Rhidollahu fi ridho walidaini wasukhtollahu fi sukhti walidaini".
Kiat 15 :
Bertawakallah kepada Allah setelah berusaha secara maksimal. Yakinlah bahwa Allah akan memberikan yang terbaik buat anda.

Semoga anda berhasil.

Perlombaan Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Tingkat Nasional oleh Dirjen GTK Kemdikbud

Salah satu perlombaan guru tingkat nasional yang paling bergengsi bagi guru se Indonesia adalah Lomba Inobel. Perlombaan ini merupa...