Saturday 10 October 2009

SISTEMATIKA KARYA ILMIAH GURU

Sebuah realita yang terjadi pada Guru Indonesia bahwa guru golongan IV/a sedikit sekali yang dapat naik pangkat menjadi IV/b. Ini terjadi karena masih kurangnya sosialisasi bagi guru untuk membuat karya tulis ilmiah, disamping itu juga guru kurang kreatif dan aktif untuk mencari informasi sehingga untuk naik pangkat menjadi IV/b, IV/c, dst pada umumnya guru masih mendapat kesulitan. Pada kesempatan ini, saya mencoba posting tentang sistematika KTI bagi guru.

Semoga bermanfaat untuk teman-teman guru di seluruh Indonesia yang saat ini hendak mengusulkan dirinya untuk naik pangkat ke jenjang yang lebih tinggi.

SISTEMATIKA PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

VERSI DEPDIKNAS UNTUK KENAIKAN PANGKAT

1. LAPORAN HASIL PENELITIAN :

A. Bagian Pembuka :

  • Halaman judul.
  • Lembar pengesahan.
  • Kata pengantar.
  • Daftar isi.
  • Daftar Lampiran.

B. Bagian Isi :

Bab I Pendahuluan

- Latar belakang masalah.

- Rumusan masalah.

- Tujuan penelitian.

- Manfaat penelitian.

Bab II Kajian teori atau tinjauan kepustakaan

- Pemahasan teori

- Kerangka pemikiran dan argumentasi keilmuan

- Pengajuan hipotesis

Bab III Metodologi penelitian

- Waktu dan tempat penelitian.

- Metode dan rancangan penelitian

- Populasi dan sampel.

- Instrumen penelitian.

- Pengumpulan data dan analisis data.

Bab IV Hasil Penelitian

- Jabaran varibel penelitian.

- Hasil penelitian.

- Pengajuan hipotesis.

- Diskusi penelitian, mengungkapkan pandangan teoritis tentang hasil yang didapatnya.

Bab V Kesimpulan dan saran

C. Bagian penunjang

- Daftar pustaka.

- Lampiran- lampiran antara lain instrument penelitian.

2. LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS :

A. Bagian Pembuka :

- Halaman judul.

- Lembar pengesahan.

- Kata pengantar.

- Daftar isi.

- Daftar Lampiran.

B. Bagian Isi :

Bab I Pendahuluan

- Latar belakang masalah.

- Identifikasi masalah.

- Pembatasan dan rumusan masalah.

- Tujuan penelitian.

- Manfaat hasil penelitian.

Bab II Kajian pustaka

- Kajian teori.

- Kajian hasil penelitian.

Bab III Metodologi / Metode penelitian

- Objek tindakan.

- Setting/Lokasi/Subjek penelitia.

- Metode pengumpulan data.

- Metode analisis data.

- Cara pengambilan kesimpulan.

Bab IV Hasil Penelitian

- Gambaran selintas tentang setting.

- Uraian penelitian secara umum – keseluruhan.

- Penjelasan per siklus.

- Proses menganalisa data.

- Pembahasan dan pengambilan kesimpulan.

Bab V Kesimpulan dan saran

- Kesimpulan.

- Saran untuk tindakan lebih lanjut.

C. Bagian penunjang/penutup

- Daftar pustaka.

- Lampiran- lampiran.

3. TINJAUAN/ULASAN ILMIAH HASIL GAGASAN SENDIRI :

A. Bagian Pendahuluan :

- Halaman judul.

- Lembar pengesahan.

- Kata pengantar.

- Daftar isi.

- Abstrak.

B. Bagian Isi :

Bab I : Pendahuluan uraian mengenai hal yang dipermasalahkan.

Bab II: Kajian teori dan fakta mengenai hal yang dipermasalahkan.

BabIII: Tinjauan/ulasan.

Bab IV: Kesimpulan.

C. Bagian penunjang :

- Daftar pustaka.

- Lampiran- lampiran.

  1. 4. BUKU
    1. A. Bagian Pendahuluan

- Kata pengantar

- Daftar isi

- Penjelasan tujuan buku pelajaran

- Petunjuk penggunaan buku

- Petunjuk pengerjaan soal latihan

  1. B. Bagian isi

- Judul bab atau topic isi bahasan

- Uraian singkat isi pokok bahasan

- Penjelasan tujuan bab

- Uraian isi pelajaran

- Penjelasan teori

- Sajian contoh

- Ringkasan isi bab

- Soal latihan

- Kunci jawaban soal latihan

  1. C. Bagian penunjang

- Daftar pustaka

- Lampiran-lampiran

5. MODUL :

  1. Judul
  2. Pengantar
  3. Petunjuk penggunaan modul
  4. Yujuan umum pembelajaran
  5. Kemampuan prasyarat
  6. Pretest
  7. Tujuan khusus pembelajaran
  8. Isi bahasan
  9. Kegiatan belajar
  10. Rangkuman
  11. Tes
  12. Sumber media yang digunakan
  13. Tes akhir dan umpan balik
  14. Rancangan pengajaran
  15. Daftar pustaka

6. DIKTAT PELAJARAN:

A. Bagian Pendahuluan :

- Halaman judul.

- Kata pengantar.

- Daftar isi.

- Penjelasan tujuan diktat pelajaran.

B. Bagian Isi :

- Judul bab atau topik isi bahasan.

- Penjelasan tujuan bab.

- Uraian isi pelajaran.

- Penjelasan teori.

- Sajian contoh.

- Soal latihan.

C. Bagian penunjang :

- Daftar pustaka.

- Lampiran- lampiran.

7. ALAT PERAGA

A.Bagian Pembuka

– Halaman judul

– Lembar pengesahan

– Kata pengantar

– Daftar isi

B. Bagian isi

– Latar belakang pembuatan alat peraga

– Manfaat alat peraga

– Bahan yang digunakan

– Keadaan siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga

– Prestasi siswa sebelum dan sesudah menggunakan alat peraga

– Foto / gambar alat peraga

Sumber : http://wijayalabs.wordpress.com

Perlombaan Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Tingkat Nasional oleh Dirjen GTK Kemdikbud

Salah satu perlombaan guru tingkat nasional yang paling bergengsi bagi guru se Indonesia adalah Lomba Inobel. Perlombaan ini merupa...