Monday 25 May 2009

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Fisika Pada Pokok Bahasan Cahaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh.

ABSTRAKS
Sunardi*)

Model Pembelajaran Group Investigation merupakan suatu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran dengan membentuk kelompok untuk melakukan penyelidikan untuk mencari pengetahuan atau konsep atau suatu gejala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tersebut tersebut dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 siklus dengan subyek penelitian siswa kelas VIII.7 SMP N 6 banda Aceh sebanyak 21 orang yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Karakteristik kelas ini memilikikecerdasan yang tinggi dibanding kelas VIII yang lainnya karena merupakan kelas rintisan SBI ( bilingual class). Data tentang keaktifan diperoleh dari lembar observasi kinerja kelompok dan aktivitas individu. Sedangkan hasil belajar diperoleh dari ulangan harian. Data tentang kegiatan guru dalam proses pembelajaran diperoleh dari lembar observasi. Dari data tersebut, kemudian dianalisis dengan deskriptif persentase. Indikator keberhasilan untuk keaktifan siswa setidak-tidaknya 75% dari jumlah siswa yang aktif dan indikator hasil belajar sekurang-kurangnya 80% siswa tuntas dari jumlah siswa yang mengikuti ulangan harian. Selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dari siklus I-II dan III. Pada siklus I jumlah siswa yang aktif 46,03% , siklus II menjadi 73,81% dan di akhir siklus III adalah 96,06%. Kinerja kelompok meningkat yakni pada siklus I ke siklus II terdapat peningkatan sebesar 8,92% dan sebesar 17,81% dari siklus II ke siklus III. Sedangkan hasil belajar ditunjukkan oleh adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas pada tiap siklus. Jumlah siswa tuntas pada siklus I sebesar 52,38 %, sklus II menjadi 71,43 % dan diakhir siklus III menjadi 90,48 %. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dicapai, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran group Investigation pada pokok bahasan cahaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.7 SMP N 6 Banda Aceh.. Diharapkan jika diterapkan model pembelajaran Group Investigation perlu adanya sistem kontrol yang baik oleh guru pada saat siswa melakukan pengamatan dan diskusi sehingga siswa benar-benar memanfaatkan waktu dan memahami materi dengan baik.

Kata kunci : Aktivitas Siswa,Hasil Belajar, Group Investigation, Cahaya.
Sunardi (Guru SMPN1 SUngai Lilin/Mahasiswa Sertifikasi Guru Jalur Pendidikan FKIP UNSYIAH Banda Aceh)

Halaman depan lengkap klik disini

3 comments:

  1. Bisa gak minta dikirim makalah lengkapnya

    ReplyDelete
  2. santi kristiana Itansari20 November 2009 at 22:16

    keren pak tulisanya...
    bravo buat guru-guru di sungai lilin MUBA

    ReplyDelete

mohon komentar anda

Perlombaan Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Tingkat Nasional oleh Dirjen GTK Kemdikbud

Salah satu perlombaan guru tingkat nasional yang paling bergengsi bagi guru se Indonesia adalah Lomba Inobel. Perlombaan ini merupa...