Friday 24 April 2009

KISI – KISI UN SMP/MTs TAHUN 2009

By Sunardi
Assalamualaikum Wr. Wb.
Buat anak-anakku tersayang kelas IX SMPN 1 Sungai Lilin
Alhamdulillah ditengah – tengah kesibukan kuliah Allah masih memberikan kesempatan untuk meng-upload Kisi Kisi UN SMP/MTs 2009 di web log (blog) ku. Mohon dibaca dan ditelaah semoga bermanfaat dalam menyiapkan Ujian Nasional Senin tanggal 27 April 2009.

BAHASA INDONESIA SMP/MTs

1. Menentukan isi dan bagian suatu paragraf

2. Menentukan kritik terhadap isi bacaan

3. Menentukan isi dan penyajian teks berita, opini/tajuk

4. Menentukan kalimat fakta/pendapat

5. Menyimpulkan isi paragraf

6. Menentukan isi tajuk

7. Menyimpulkan isi grafik, tabel, bagan, peta, denah

8. Menentukan unsur intrinsik puisi

9. Menentukan unsur intrinsik cerpen

10. Menentukan perbedaan unsur intrinsik beberapa novel

11. Menentukan unsur intrinsik drama

12. Menulis catatan pengalaman pada buku harian

13. Menentukan isi pesan singkat sesuai konteks

14. Menulis/menentukan paragraf laporan

15. Menulis/melengkapi surat pribadi

16. Menulis/melengkapi surat resmi

17. Menulis/menentukan rangkuman

18. Menulis/menentukan slogan

19. Menulis/melengkapi petunjuk melakukan sesuatu

20. Menulis/melengkapi kutipan pidato

21. Menentukan unsur karya ilmiah (perumusan permasalahan karya ilmiah, latar belakang karya ilmiah)

22. Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata

23. Menulis/melengkapi pantun

24. Menulis/melengkapi puisi

25. Menulis/melengkapi drama

BAHASA INGGRIS SMP/MTs

1. Menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “caution

2. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk kartu ucapan (greeting card)

3. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat teks berbentuk pesan pendek (short message)

4. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat teks berbentuk undangan (invitation)

5. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk pengumuman (announcement)

6. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dari teks deskriptif (descriptive)

7. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “recount”.

8. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “procedure

9. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “narrative

10. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk label

11. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk laporan (report)

12. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks iklan (advertisement)

13. Menentukan gambaran umum, pikiran utama, informasi rinci tersurat, informasi tersirat, rujukan kata, makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk surat (letter)

14. Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks laporan (report) yang pendek.

15. Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat

16. Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraph

MATEMATIKA SMP/MTs

1. Menghitung hasil operasi tambah, kurang, kali dan bagi pada bilangan bulat

2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan pecahan

3. Menyelesaikan masalah berkaitan dengan skala dan perbandingan

4. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan jualbeli

5. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan dan koperasi

6. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan

7. Mengalikan bentuk aljabar

8. Menghitung operasi tambah, kurang, kali, bagi atau kuadrat bentuk aljabar

9. Menyederhanakan bentuk aljabar dengan memfaktorkan

10. Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel

11. Menentukan irisan atau gabungan dua himpunan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan irisan atau gabungan dua himpunan

12. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan relasi dan fungsi

13. Menentukan gradien, persamaan garis dan grafiknya

14. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel

15. Menyelesaikan soal dengan menggunakan teorema Pythagoras

16. Menghitung luas bangun datar

17. Menghitung keliling bangun datar dan penggunaan konsep keliling dalam kehidupan sehari-hari

18. Menghitung besar sudut pada bidang datar

19. Menghitung besar sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.

20. Menghitung besar sudut pusat dan sudut keliling pada lingkaran

21. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kesebangunan

22. Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep kongruensi

23. Menentukan unsur-unsur bangun ruang sisi datar

24. Menentukan jaring-jaring bangun ruang

25. Menghitung volume bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

26. Menghitung luas permukaan bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung

27. Menentukan ukuran pemusatan dan menggunakan dalam menyelesaikan masalah sehari-hari

28. Menyajikan dan menafsirkan data

ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs

1. Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai

2. Membaca alat ukur

3. Menentukan salah satu variabel dari rumus r= m/v

4. Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari

5. Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor

6. Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari

7. Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat

8. Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari

9. Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi

10. Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

11. Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang

12. Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.

13. Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin

14. Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari

15. Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan

16. Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik

17. Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari

18. Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan

19. Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya

20. Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan

21. Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup

22. Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup

23. Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem

24. Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan

25. Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup

26. Memprediksi hubungan antara kepadatan populasi manusia dengan lingkungan

27. Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya

28. Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan

29. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya

30. Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal)

31. Menjelaskan sistem saraf pada manusia

32. Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan

33. Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar

34. Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaanpercobaan tentang proses tersebut

35. Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya

36. Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel

37. Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organism disertai dengan contohnya

38. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia

39. Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan

40. Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita

Sumber :

PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL

NOMOR 78 TAHUN 2008




No comments:

Post a Comment

mohon komentar anda

Perlombaan Inovasi Pembelajaran (Inobel) Guru Tingkat Nasional oleh Dirjen GTK Kemdikbud

Salah satu perlombaan guru tingkat nasional yang paling bergengsi bagi guru se Indonesia adalah Lomba Inobel. Perlombaan ini merupa...